Mahasiswa Prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang adakan sosialisasi tentang pajak kepada Siswa SMK Dwi Putra

Tidak ada komentar


Tangerang Selatan, - mitrapubliknews.com - Sebagai salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen program studi akuntasi S1 Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Pamulang Bersama mahasiswa melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) di SMK Dwi Putra kelurahan Sarua, kecamatan ciputat – kota Tangerang Selatan, Jumat (5/12/2023).

Pajak merupakan kontribusi wajib pajak (masyarakat) kepada negara yang terutang oleh individu atau perusahaan berdasarkan Undang-Undang, dan digunakan untuk membiayai pengeluaran negara, termasuk pembangunan dan kepentingan negara, karena pajak memiliki berbagai fungsi, seperti membiayai pengeluaran negara, menyediakan fasilitas kesehatan, pendidikan, infrastruktur. Pajak dapat dibagi menjadi pajak pusat dan pajak daerah, serta pajak langsung dan tidak langsung. Contoh pajak pusat meliputi PPh, PPN, dan PPnBM, sedangkan contoh pajak daerah meliputi PBB, pajak kendaraan bermotor, pajak hotel, dan lainnya.

Dalam kegiatan ini, tim dosen dan mahasiswa dari Universitas Pamulang mencoba memberikan pemahaman mengenai pajak dan dampaknya, dalam tema “Pengaruh PPN dan PPnBM terhadap daya beli konsumen pada penjualan e-commerce”, dibawah bimbingan dosen M. Rizal Saragih, tim mahasiswa yang turut serta diantaranya adalah Putri Wardah M. sebagai ketua tim dari mahasiswa, Irma Safitri, Rizki Islami, dan Tantri Cahya R. tim PMKM hadir pada pukul 8.00 WIB dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk acara.

Rizal Saragih S.E., M.M, selaku dosen pembimbing menyampaikan perasaaannya kepada awak media bahwa dirinya merasa senang dan sangat berterima kasih kepada pihak sekolah yang sudah memberikan tempat, waktu, serta penyambutan yang sungguh luar biasa kepada kami terutama memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berbagi.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Ibu Farida S.Ag selaku kepala sekolah dan juga Ibu Nurlaila selaku kepala jurusan Akuntansi yang sudah memperkenankan mahasiswa bimbingan saya untuk bisa membagi ilmu kepada siswa/i SMK Dwi Putra jurusan Akuntansi”. Tuturnya

Lebih lanjut lagi Rizal berharap kepada semua siswa/siswa yang hadir agar pantang penyerah dan terus semangat dalam menimba ilmu ke jenjang lebih tinggi. “jangan berhenti belajar hanya sampai meja SMK lanjutkan pendidikan kalian ke jenjang perkuliahan”. Imbuhnya

Menindak lanjuti sambutan dari rizal pihak sekolah menengah kejuruan, Faridah. S. Ag turut senang dengan kedatangan rombongan dari Universitas pamulang yang mau berbagi pengetahuan dan memberikan motivasi kepada anak didiknya.

“terimakasih kepada kakak-kakak mahasiswa dari Universitas Pamulang prodi Akuntansi yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan pengetahuan khususnya di jurusan Akuntansi, mudah-mudahan setelah kegiatan ini anak-anak kami dapat lebih paham lagi tentang apa yang akan disampaikan dan tujuan dari kakak mahasiswa ini”. Ujarnya.

Turut menambahkan sambutan dari kepala sekolah, Nurlaila selaku Kepala Prodi Akuntansi SMK Dwi Putra pun turut senang dengan momen acara ini, karena tentu saja kegiatan ini akan membawa aura positif kepada anak-anak kami “semoga kegiatan atau acara ini dapat menambah ilmu pengetahuan serta pemahaman mengenai materi yang akan disampaikan oleh kakak-kakak mahasiswa”. Ungkapnya kepada visione.

Tanri sebagai perwakilan dari tim mahasiswa menyampaikan materi mengenai pajak dengan lugas dan jelas kepada audien yang hadir diruangan yang semuanya nampak serius mendengarkan pemaparan tentang pajak, “Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) merupakan dua jenis pajak yang berbeda. PPN dikenakan terhadap pertambahan nilai yang muncul karena pemakaian faktor-menghasilkan dan memperdagangkan Barang Kena Pajak (BKP) dan Jasa Kena Pajak (JKP)” paparnya

Lebih lanjut lagi putri menyampaikan mengenai dampak dari adanya pajak yang diberlakukan di Indonesia terhadap harga produk dan tingkan daya beli konsumen.

“harga akan bertambah niak atau mahal jika produk tersebut dikenakan pajak yang tentunya pembeli pun akan males atau enggan untuk membeli produk tersebut karena harganya yang bertambah mahal”. tandasnya

Dalam ruangan nampak wajah-wajah dari siswa-siswi yang serius dalam nyimak dan antusias serasa ada yang ingin disampaikan kepada pemateri sebagai wujud dari rasa ingin tahu yang tinggi. Diskusipun terjadi membuat rasa cair dan penuh dengan keakraban antara mahasiswa dengan siswa Ketika beberapa diantara siswa seperti Keisya, Farrel, Bella, dan Riska yang bertanya terkait dengan pemaparan materi, yang sesekali terdengar suara gemuruh tepuk tangan serentak bertanda semangat dalam mengikutinya.

Acara Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjalan lancar dan komunikatif karena siswa-siswi dari SMK Dwi Putra kelurahan Sarua sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dan acara tersebut ditutup dengan doa dan poto bersama. */Khotib



Tidak ada komentar