Unik, Lomba Ngaliwet dan Mamaca di Hari Jadi Kecamatan Cisoka

Tidak ada komentar
Unik, Lomba Ngaliwet dan Mamaca di Hari Jadi Kecamatan Cisoka

Tangerang - Mitrapubliknews.com, - Berbagai kegiatan atau acara digelar oleh masyarakat dalam rangka menyambut, memeriahkan dan memperingati hari jadi ke-41 Kecamatan Cisoka pada bulan September 2023, baik bidang olah raga, bidang seni, bidang keagamaan dan lainnya.

Ada kegiatan yang unik yang digelar panitia dan diikuti masyarakat, yakni lomba ngaliwet dan lomba mamaca yang diikuti oleh para santri pondok pesantren yang ada di Kecamatan Cisoka. Mereka masing-masing menunjukkan keahlian dan keterampilannya memasak nasi liwet dan membaca syair barzanji pada hari Jum'at (22/09/2023).

Baca Juga :

Pertama Kali ke Wilayah Sejak Pelantikan, PJ Bupati Tangerang Kagum

Hadiri Hari Jadi Ke-41, PJ Bupati Tangerang Apresiasi Camat Cisoka

Camat Cisoka, Encep Sahayat mengatakan bahwa Kecamatan Cisoka merupakan kecamatan yang memiliki banyak pesantren dengan ribuan santri, diantaranya masih memelihara tradisi ngaliwet dan mamaca barzanji. 

"Panitia memfasilitasi  tradisi ngaliwet dan mamaca barzanji dalam upaya melestarikan tradisi yang masih banyak di Kecamatan Cisoka", kata Encep.

Nasi liwet biasanya dimasak dengan mencampurkan bahan-bahan  seperti cabai, daun salam, daun serai dan tambahan lain yang bersifat opsional seperti ikan teri, disantap bersama dengan berbagai jenis lauk seperti ikan asin, lalap-lalapan dan sambal, disajikan di atas daun pisang yang digelar secara vertikal.

Sedangkan mamaca atau pembacaan syair barzanji adalah salah satu tradisi yang merupakan kecintaan (mahabbah) masyarakat terhadap Rasulullah SAW terutama di kalangan santri pondok pesantren. Biasanya dilaksanakan pada acara maulid Nabi Muhammad SAW, tasyakuran kelahiran anak, aqiqahan dan sebagainya.

Tujuannya tidak hanya untuk mengetahui perjalanan Nabi dari sisi sejarah saja, tetapi agar kita mau melakukan tindakan aplikatif yang menggambarkan hakikat Islam yang paripurna meneladani akhlak Nabi.

(*/Acy-Mitrapublik)

Tidak ada komentar