Tangerang Volunteer Park Ditanami 244 Tanaman Budidaya dan Pelindung

Tidak ada komentar
Tangerang Volunteer Park Ditanami 244 Tanaman Budidaya dan Pelindung

Tangerang - Mitrapubliknews.com, - Peresmian Tangerang Volunteer Park dan Monumen Memorial Relawan COVID -19 disertai dengan penanaman 244 tanaman budidaya dan pelindung. Selain penghijauan, Tangerang Volunter Park yang memiliki luas lahan 1,8 hektare juga disiapkan sebagai wahana pembinaan untuk generasi muda.

"Dibutuhkan upaya lebih lanjut termasuk anak muda untuk mengatasi perubahan iklim dengan melakukan gerakan penghijauan," kata Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla pada acara Penanaman Pohon, Peresmian Tangerang Volunteer Park, dan Monumen Relawan COVID -19 sekaligus upacara peringatan HUT PMI ke-78 di Tangerang Volunteer Park, Desa Solear, Kabupaten Tanggerang, Banten, Senin (18/9) sore.

Baca Juga :

Bupati Zaki Minta Pegawai yang Dilantik Bekerja Profesional dan Bertanggung Jawab

Sekda Serahkan Bantuan 250 Paket Nutrisi bagi Ibu dan Balita

Penggunaan Tangerang Volunteer Park tidak hanya dikhususkan bagi PMI melainkan dibuka untuk pembinaan seluruh generasi muda mulai dari PMR, Pramuka, dan lain sebagainya. Jusuf Kalla menjelaskan, sebagai organisasi kemanusiaan, PMI bergerak bersama untuk menolong sepenuh hati masyarakat yang membutuhkan, terutama masalah yang saat ini sedang melanda Indonesia seperti kekeringan perubahan iklim dan polusi udara. 

“Perubahan iklim yang terjadi menyebabkan terjadi kekeringan, untuk itu dibutuhkan upaya lebih lanjut dengan membantu masyarakat untuk distribusi air bersih," ujarnya.

Untuk penanaman pohon, PMI mendapatkan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa 244 Tanaman Budidaya serta Pelindung, yang akan ditanam di area Tangerang Volunteer Park.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Ario Bimo Nandito atau dikenal dengan nama Dito Ariotedjoe mengatakan, PMI mendapatkan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa 244 Tanaman Budidaya serta Pelindung, yang akan ditanam di area Tangerang Volunteer Park.

Sementara untuk distribusi air bersih secara keseluruhan,  PMI mendistribusikan air bersih sebanyak 100 juta liter air di 19 provinsi di Indonesia dengan mengerahkan 218 mobil tangki air. PMI menargetkan secara keseluruhan mencapai 300 juta liter air.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Tangerang Soma Atmaja menjelaskan, peresmian Monumen Memorial Relawan COVID 19 bertujuan untuk mengenang para relawan yang membantu melindungi masyarakat disaat COVID-19.

“Dua  tahun yang lalu ketika pandemi begitu luar biasanya menerpa Indonesia dan seluruh dunia, atas peran para relawan lah pandemi bisa dilalui. Dengan peran mereka yang begitu luar biasa masyarakat mungkin gampang melupakannya maka dengan ini Pemerintah Kabupaten Tangerang membuat monumen yang bisa selalu mengenang mereka semua,” ujarnya. 

Soma Atmaja berharap Volunter Park menjadi pusat pendidikan bagi para generasi muda, mulai dari meningkatkan keterampilan hingga kepemimpinan agar kedepannya bisa sama-sama membangun Kabupaten Tangerang.

“Saya berharap dibukanya tempat ini menjadi kawah candra bagi anak anak muda, seperti PMR atau PMI bukan sekedar atribut yang mereka pakai melainkan saling belajar satu sama lain dan menempa diri agar bisa hidup mandiri dan menjadi pribadi yang hebat,” katanya.

Di sela acara peringatan ini, PMI Kabupaten Tangerang juga melaksanakan Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) ke VII, di Tangerang Volunteer Park, yang diikuti sekitar 1500 Peserta PMR dari Tingkat Mula (SD), Madya (SMP) dan Wira (SMA) dari 29 Kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Tangerang.

(*/Acy-Mitrapublik)


(Diskominfo Kab.Tangerang/RN/nA)

Tidak ada komentar