Dinkes Kabupaten Gelar Aksi Gizi Ke Sekolah MAN 1

Tidak ada komentar



TANGERANG – mitrapubliknews.com --Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang gelar aksi bergizi dilaksanakan secara serentak dikabupaten Tangerang kepada jajaran para pelajar di 44 sekolah Tingkat SMP dan SLTA seperti dilakukan di sekolah MAN 1 Kabupaten Tangerang, Rabu(09/08/23).



Merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi remaja dan suatu bentuk upaya pencegahan anemia pada remaja putri. Launching kegiatan kampanye aksi bergizi tahun 2023 dilakukan secara serentak pada hari ini di 44 sekolah SMP dan SMA sederajat di wilayah puskesmas binaan di Kabupaten Tangerang dan akan terus berlanjut pelaksanaannya hingga bulan November tahun 2023.



Kampanye aksi bergizi dimulai dengan aksi senam bersama yang diikuti oleh seluruh siswa dan siswi di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat membuat siswa dan siswi terbiasa untuk melakukan aktivitas fisik di setiap harinya dimana Kegiatan dilanjutkan dengan sarapan bersama, siswa dan siswi sudah diberitahu sebelumnya untuk membawa bekal bergizi seimbang dengan ditekankan untuk membawa lauk berbahan pangan yang mengandung tinggi protein hewani seperti telur, ikan dan lain lain.



Siswi PMR membagikan tablet tambah darah kepada para siswi setelah selesai makan sarapan bersama. Pemberian TTD ini hanya dikhususkan kepada siswi karena menurut penelitian kadar hemoglobin pada siswi cenderung lebih rendah dibandingkan siswa karena salah satu penyebabnya yaitu remaja putri mengalami menstruasi sehingga banyak siswi mengalami anemia defisiensi zat besi,selanjutnya Kegiatan skrining kesehatan kepada seluruh siswa. Skrining ini terdiri atas pemeriksaan TB, BB dan khusus untuk remaja putri diperiksa lingkar lengan atas dan kadar hb nya.


Dr. Ade Dahyani Kasih Gizi Dinas kesehatan mengatakan “Aksi Gizi merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi remaja dan suatu bentuk upaya pencegahan anemia pada remaja putri. Launching kegiatan kampanye aksi bergizi tahun 2023 dilakukan secara serempak pada hari ini di 44 sekolah SMP dan SMA sederajat di wilayah puskesmas binaan di Kabupaten Tangerang dan akan terus berlanjut pelaksanaannya hingga bulan November tahun 2023,” katanya.


Lanjut Dr. Ade Dahyani, “Kampanye aksi bergizi dimulai dengan aksi senam bersama yang diikuti oleh seluruh siswa dan siswi di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat membuat siswa dan siswi terbiasa untuk melakukan aktivitas fisik di setiap harinya.


“Atas dukungan dari seluruh pihak baik dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kemenag yang dibantu oleh pihak Tim Puskesmas, guru UKS, SBH dan PMR dan/atau kader kartini sekolah yang bergerak langsung di sekolah diharapkan aksi bergizi ini dapat dilakukan secara berkelanjutan di setiap minggunya sehingga dapat menjadi aksi positif dalam peningkatan status gizi pada remaja secara umum dan khususnya dapat menurunkan angka kejadian anemia pada remaja putri sehingga dikemudian hari remaja putri dapat menjadi ibu yang sehat dan melahirkan anak yang terbebas dari stunting” Ujarnya.


H.kustiono,M.Pd. Kepala sekolah MAN 1 Kabupaten Tangerang mengatakan, Alhamdulillah pada hari di sekolahan Madrasah Aliyah Negeri 1 kabupaten Tangerang mengadakan acara aksi gizi, ini merupakan hal kegiatan positif sekali, karena setiap siswa bisa di cek kesehatan nya langsung oleh petugas kesehatan puskesmas Tigaraksa bekerja sama dengan Dinas kesehatan.


“Saya selaku kepala sekolah mengucapkan terima kasi kepada Dinas kesehatan dan puskesmas Tiga raksa yang begitu antusias melakukan acara ini,” tutur Kepala Sekolah MAN 1.

Acara kegiatan aksi gizi berlangsung lancar dan khidmat.(*/Red)

Tidak ada komentar